Apa Itu Bitcoin? Apa Fungsinya? dan Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin

Halo sahabat semuanya, ini adalah tulisan pertama saya di internet atau lebih tepatnya pada blog ini. Akhir-akhir ini sudah sangat booming sekali yang namanya cryptocurrency. Salah satu contoh mata uang digital yang paling populer dan paling banyak di buru oleh orang-orang adalah Bitcoin. Sebagian orang mungkin sudah pernah mendengar tentang rumor nya yang begitu viral. Namun bagi anda yang baru saja mendengarnya dan belum mengerti Apa Itu Bitcoin? simak selengkapnya di artikel ini ya.

Apa Itu Bitcoin

Bitcoin merupakan uang digital atau biasanya di sebut Cryptocurrency, maksudnya gimana sih mata uang digital itu? secara sederhana mata uang digital adalah suatu aset atau harta atau uang yang di simpan dalam bentuk coin. tidak seperti uang kertas pada umumnya. Udah paham kan maksudnya?.
Apa-Itu-Bitcoin-apa-fungsinya-bagaimana-cara-mendapatkan-bitcoin
Image Source : http://www.foundationsa.com/index.php/2017/10/04/bitcoin-the-good-the-bad-the-ugly/

Apa Fungsi Bitcoin

Seperti namanya, bitcoin atau mata uang digital merupakan alat transaksi jual beli, dengan bitcoin, anda bisa melakukan pembayaran jika membeli sesuatu dari internet misalnya dengan syarat penjual menyediakan metode pembayaran via bitcoin. wah susah dong? engga kok, jaman sekarang ini sudah banyak jasa atau layanan atau apalah yang sudah menyediakan metode pembayaran melalui bitcoin.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli bitcoin, ada baiknya anda pelajari julu mengenai apa itu bitcoin, apa fungsiya, teknologi apa yang di gunakan dan masih banyak lagi tentang bitcoin. Oke langsung saja admin bahas ya.

Siapa Pencipta Bitcoin

Setelah mendengar tentang bitcoin yang sangat booming, anda pasti penasaran siapa sih pencipta bitcoin? kok bisa booming kek gitu ya? saat pertama kali mendengar, saya juga seperti itu, saya penasaran sama yang namanya mata uang digital. Akhirnya saya mulai mempelajari lebih dalam mengenai bitcoin ini.

Bitcoin pertama kali keluar yaitu pada bulan januari 2009. Penciptanya adalah Allah, Tuhan yang maha Esa, melalui tangan Satoshi Nakamoto, Anda pasti semakin bingung kan? siapa sih Satoshi Nakamoto?, Untuk saat ini belum di ketahui secara pasti, ada yang mengatakan satoshi nakamoto bukan lah nama seseorang melainkan nama sebuah komunitas. Sampai saat ini belum ada informasi yang jelas mengenai siapa itu satoshi nakamoto, jadi saya ga berani nulis sembarangan.

Teknologi Bitcoin

Apakah anda sudah pernah mendengar kata Blockchain? nah, bitcoin menggunakan teknologi blockchain. Blockchain itu apaan sih? Blockchain merupakan sekumpulan angka acak yang saling terikat antara satu sama lain. Waduh gimana sih? saya bingung ngejelasin nya heheh. Namun, intinya adalah teknologi blockchain secara peer-to-peer atau tidak berpusat (decentralize).

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin

Karena anda sudah mengerti apa itu bitcoin, anda pasti ingin memilikinya, ya kan?. Berarti kita sama. Sekerang ini, banyak sekali jalan yang bisa anda tempuh untuk bisa mendapatkan bitcoin, mulai dari cara gratis hingga cara yang memerlukan modal.

Cara Gratis

Cara gratis anda bisa mencari blog atau website yang bisa memberikan anda bitcoin dengan syarat tertentu. Biasanya di sebut faucet, dengan cara ini anda bisa memperoleh bitcoin dengan mengikuti syarat dan ketentuan dari website penyedia bitcoin gratis tersebut. Emang ada ? sangat banyak loh, tapi anda harus hati-hati karena banyak yang tidak bisa di percaya atau istilahnya banyak yang SCAM. Apa itu scam? Malsudnya adalah semua saldo atau pembayaran hasil kerja keras anda tidak bisa di tarik, jadi sia-sia kan? , saya sarankan agar lebih berhati-dalam memilih website sejenis ini. Setahu saya ada salah satu website yang masih membayar sampai saat ini, Freebitco.in

Menukarkan Rupiah Dengan Bitcoin

Jika anda mempunyai modal, anda bisa membeli sejumlah mata uang digital dengan cara menukarkannya dengan rupiah, kalo di indonesia ada situs atau platform yang menyediakan layanan jual beli bitcoin dan altcoin, nama situs nya dulu bitcoin.co.id yang sekarang sudah berubah menjadi indodax.com. Anda bisa menukarkan rupiah anda di sana dengan sejumlah koin.

Trading Bitcoin

Cara selanjutnya yang bisa anda tempuh untuk mendapatkan bitcoin adalah dengan cara trading bitcoin. Apa itu trading bitcoin? Trading bitcoin secara sederhana adalah jual beli bitcoin atau altcoin untuk memperoleh keuntungan. Keuntungannya dari mana mas? Keuntungannya bisa anda peroleh dari selisih harga modal dan harga jual karena nilai setiap coin cenderung naik turun. Misalnya anda membeli 100 coin disaat harganya 10000 kemudian anda menjualnya ketika harga naik menjadi 15000, dalam kasus ini anda sudah memperoleh laba 5000 dari tiap koinnya, tinggal kalikan 100 aja, hasilnya sekitar 500.000. Sudah paham kan, namun perlu di ingat, ini hanyalah contoh, ketika anda mungkin melakukan trading, tidak selamanya berjalan sesuai dengan contoh di atas. Semua pekerjaan itu penuh dengan resiko, jadi hati-hati aja ya sob.

Mining Bitcoin

Cara selanjutnya yang bisa anda tempuh untuk bisa memperoleh bitcoin ataupun altcoin adalah dengan cara mining atau menambang bitcoin. Mining Bitcoin itu apaan ya mas?, bitcoin mining merupakan suatu proses perhitungan matematika pada sistem bitcoin secara online. Tujuannya dari perhitungan ini adalah untuk memverifikasi hash SHA256 dan seluruh transaksi bitcoin melalui internet. Dengan begini, seorang penambang akan mendapatkan sebuah blok baru dalam sebuah sistem dan mendapatkan bitcoin. Jangan bingung, berat, kamu gak akan kuat, biar saya aja. Santai dulu bro, semua prosesnya di lakukan oleh komputer yang terhubung dengan internet. Paham kan?. Seberapa banyak coin yang penambang dapatkan itu tergantung pada spek komputer mereka.

0 Response to "Apa Itu Bitcoin? Apa Fungsinya? dan Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel